Sep 8, 2016

Cara Asik Menikmati Masa Muda

Bicara soal masa muda mungkin udah banyak blogger yang bahas ini. Gue pernah baca salah satu artikel milik mas Alit Susanto yang bahas fenomena selebgram yang jadi kiblat para ababil saat ini, Awkarin. Itu jadi tulisan yang begitu menggugah buat gue. Karena saat kita masih muda, hidup kita gak melulu ngomongin soal cinta dan pasangan. Kalau engga percaya coba baca ini. Jangan liat gaya bahasa nya tapi dalamin maknanya. Biasanya sih gitu kalau gue baca artikel dari para blogger.

Balik lagi soal masa muda, beberapa hari yang lalu gue mengikuti salah satu rangkaian acara di Surabaya. Selama kurang lebih 4 hari gue dipertemukan dengan para delegasi hebat yang jadi keluarga mahasiswa Ilmu Komunikasi. Seluruh Indonesia! Dari sabang sampai merauke pun ada. Aseli gue gak ngarang! Ada dari Aceh, Jakarta, Medan, Sampe Sorong Papua pun ada. Kita disana membawa berbagai macam keragaman yang ada di daerah. Mau itu tempat merantau ataupun sebagai daerah asal.

Pengalaman ini baru buat gue. Baru banget. karena pengalaman ini bukan cuma pengalaman jalan-jalan aja. Tapi saling membagi ilmu, baik tentang adat istiadat, kebiasaan, bahkan cara menghargai perbedaan 5 agama yang ada di Indonesia. Asik banget gak sih kalau dapet pengalaman kaya gitu?

Betewe, kalau ngomongin soal pengalaman terakhir tentang perbedaan kepercayaan atau agama yang ada di Indonesia. Gue pernah bahas gimana Lasem sebagai daerah yang mampu menghadirkan kerukunan antar umat beragama. Dimana ada pesantren yang hadir di tengah-tengah warga tionghoa. Kalau gak percaya bisa liat disini atau disini. Asik gue dapet kesempatan kaya gini. Bisa merasakan keindahan dari perbedaan yang ada. Itu baru sebagian kecil kalau gue ngomongin soal perbedaan. Karena Indonesia punya 1001 keberagaman yang justru semakin membuat indah keberagaman itu.
Salah satu pesantren di Lasem

Pengalaman gue yang lain adalah gue bisa berteman dengan beberapa dari mereka yang memiliki keyakinan yang berbeda dari gue. Gue sedikit belajar bagaimana kita bisa menghargai pendapat. Dimana mereka menghargai saat gue harus melaksanakan sholat ataupun menghargai mereka saat berdoa sebelum makan. Asik banget pokoknya.

Selain hobi gue yang suka jalan dan gue juga punya beberapa list kota-kota impian di Indonesia yang mesti gue datangi, gue juga harus mampu mencari pengalaman baru dari setiap kota yang akan gue datangi. Karena gue datang ke kota itu bukan karena mampu beli tiket dan buang-buang duit disana. tapi karena kesempatan yang bawa gue kesana. Gue pernah ke Bali, bukan buat liburan tapi buat kerja. Gue pernah ke Banyuwangi, bukan karena sengaja pengen kesana tapi karena hobi yang membawa gue kesana. Begitupun saat gue harus ke Dataran Tinggi Dieng yang terkenal dengan Negeri Diatas Awannya, gue bisa kesana karena hobi gue yang membawa kesana. Saat gue baru tau kalau di Indonesia ini ada Rembang yang punya Lasem itu jadi kesempatan paling Epic yang pernah gue rasain. Kalau gue gak merantau mungkin sampe sekarang gue gatau posisi Lasem itu dimana dan apa yang jad keunikannya.


Kapan Lagi kan bisa ke Bali?

Memanfaatkan momen saat kita masih muda dan mampu untuk berkarya jadi cara yang paling asik buat gue untuk meenikmati masa muda gue. Walaupun karya kita biasa aja dan gak mendunia tapi seengganya gue tau kemampuan diri dan dedikasi apa yang akan gue berikan ke diri gue untuk masa depan gue nanti. Mungkin kelak anak gue akan bangga sama bapaknya saat dia diceritain kalau bapaknya pernah jadi salah satu bagian tim dari Dieng Festival? atau bangga karena bapaknya pernah ketemu sama seluruh mahasiswa Ilmu Komunikasi di Indonesia. Bangga gak sih kalau orang tua kita sendiri punya banyak pengalaman? punya banyak cerita yang kelak bisa menginspirasi anaknya untuk mengikuti jejak bapaknya misal. 

Karena buat gue, masa muda itu bukan cuma buat hura-hura, abisini duit orang tua, kalau waktunya kuliah kita cuma kuliah. Masa muda gue gak bisa gue habiskan cuma di bangku kuliah aja. Gue juga butuh banyak pengalaman yang bisa aja itu bakal ngembangin hobi dan bakat secara beriringan. Gue juga butuh pengalaman karena hidup bukan cuma soal berapa nilai di ijasah mu saat lulus nanti. Berkarya selagi muda adalah cara pas menurut gue. Karena masa muda yang asik itu gak bisa keulang dua kali.

0 comment: