Nov 2, 2015

Jadi Gini.....

Yeaayy November. Udah awal bulan lagi. Awal bulan berarti kantong tebel buat mereka yang jadi anak kost. Awal bulan jadi bulan produktif gue untuk terus berkarya. Iya, gue belakangan udah gak produktif lagi. Nge blog juga cuma sebulan sekali. Banyak faktor sih sebenernya. Tapi, faktor utamanya gue sudah memasuki semester tua. Semester dimana gue lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan penelitian ini itu. Baca buku yang banyak juga buat bahan penelitian juga. Bener gak? engga semua bener kok. Mungkin itu juga bisa jadi cuma pencitraan.

Mundur kebelakang beberapa hari yang lalu. Antara akhir oktober menuju awal november. Ada dua berita duka buat dunia seni Indonesia. Pertama, dunia seni Indonesia kehilangan maestro cerita anak kecil. Bapak Suyadi atau lebih terkenal dengan nama Pak Raden. Itu loh pak raden yang terkenal sama si unyil. Kedua, dunia seni Indonesia kehilangan sang pencipta lagu Hymne Guru, Bapak Sartono. Kehilangan? Pasti. Gimana engga, mereka dua maestro yang bikin masa kecil dan masa sekolah gue berwarna. Mungkin itu gak dirasain sama anak-anak yang tumbuh dan besar di jaman sekarang dan jaman yang akan datang.

Jadi gini,
waktu gue kecil gue sering menghabiskan waktu kecil gue untuk menikmati siaran si Unyil. Dulu, unyil belum punya laptop mewah, belum juga berkunjung ke pabrik-pabrik modern, belum juga pelesir ke luar neger. Unyil jaman gue dulu ya unyil pada masanya saat itu. Unyil sampe sekarang masih sama pak ogah .Unyil sampe terakhir gue nonton itu masih pake baju tradisional gitu. Ya ala-ala tradisional gitu deh.

Sumber gambar: www.banyumasnews.com
Ada yang khas yang belum tentu dirasain sama anak kecil generasi kekinian. Unyil dulu belum se modern sekarang. Unyil dulu masih di layar hitam putih. Oya, yang paling gue inget dari sosok pak raden ini ya kumisnya. Kumis yang menurut gue nyentrik. Pertama kali ngeliat sih serem, galak, misterius. kaya penjahat-penjahat jaman dulu yang sangar gitu. Tapi dibalik semua itu beliau berhasil mengingatkan sosok Unyil dan kawan-kawannya sampe sekarang. Iya, sampe gue masuk di semester akhir gini. Gue masih inget bentuknya Unyil dan kawan-kawan, walau jarang nonton di tipi .

Kalau yang kedua, tentang bapak Sartono, jujur aja gue engga terlalu familiar sama beliau. Ya gue cuma tau lagunya aja. Cuma lagu Hymne Guru yang gue tau. Dan itu ternyata hasil dari tangan dingin beliau.

Gue tau lagu hymne guru itu pas dari SD. Dari gue mulai ikut upacara bendera tiap hari senin. Rutin tuh upacara sampe wajib belajar 12 tahun. Dan sekarang gue suka kangen sama upacara. Yak, back to topic, kalau soal hymne guru mungkin generasi gue kaya gini dan atau generasi terdahulu sebelum gue juga pasti tau. Soalnya, lagu ini jadi lagu wajib pas upacara. Jadinya hafal.

Ada yang menarik soal lagu Hymne Guru ini. Coba hayati lirik per lirik lagu hymne guru. Ada makna tersendiri dari setiap baitnya. Dari kata guru yang begitu terpuji hingga guru sebagai patriot pahlawan bangsa yang tanpa tanda jasa. Mungkin ada pengalaman tersendiri dari Sang maestro pencipta lagu Hyme Guru ini yang berkaitan dengan guru.

Gue baru sadar, prestasi yang didapat murid sewaktu dia sekolah dan prestasi setelah engga sekolah ternyata tetep buat bangga seorang guru. Sampe jadi seseorang yang punya nama besar pun guru bakal tetep inget sama siswanya itu. Siswanya gimana? belum tentu inget sama semua guru. Biasanya siswa itu ada yang inget guru kalau itu jadi guru favorit, guru yang dibenci, ataupun guru yang punya kesan tersendiri. Dari lagu ini, harusnya kita belajar. Bukan cuma tentang ilmu, tapi pengalaman yang didapet selama kita sekolah. Mungkin prestasi yang didapat belum tentu balas semua jasa guru-guru kita yang sering dikacangin pas ngajar, atau setengah hati pas sekolah, ribut pas dia jelasin materi. Tapi secara gak sadar, kita akan selalu dikenang oleh guru kalau kita punya prestasi itu sendiri.

Selamat Jalan dua maestro hebat negeri ini. Karya mu akan selalu dikenang. Kapanpun, dimanapun, dan oleh siapapun. Semoga kalian tenang di surga. Dan banggalah pada negeri ini.

0 comment: