Feb 1, 2016

Hobi yang Menyenangkan adalah Hobi yang Dibayar

Wah liburan ternyata bikin gue engga produktif berkarya. Iyalah, kerjaan gue selama liburan cuma makan, main, tidur. Siklus yang gue sadari semakin membuat gue malas dan semakin bodoh. Otak diasah cuma buat makan tanpa menghasilkan apa-apa. Abis makan ya tidur, kalau ada temen ngubungin paling main, itu juga paling diajak main ke tempat makan ala-ala gitu. Ala-ala anak hitz. Jarang pulang bikin gue aneh sama kota kelahiran gue. Entah kenapa di kota ini sekarang banyak tempat nongki ala anak hitz yang instagram-able gitu.

Beberapa hari yang lalu, gue ketemu sama temen lama gue. Sekarang dia udah semester akhir dan temen gue satu lagi udah kerja. Nah, temen gue yang satu lagi ini sekarang baru sadar untuk menyambung masa depannya dengan kuliah. 

Selama ini, temen gue yang satu itu tetep keras kepala untuk apa kuliah kalau pada akhirnya bekerja juga. Iya emang bener, tapi bukan gitu tujuan gue. Sedikit intermezzo kenapa gue lebih memilih kuliah di luar kota daripada di kota sendiri. Coba baca deh Merantau terus gue juga punya Mimpi yang begitu besar. Makanya gue sekuat tenaga untuk kuliah di luar kota.

Sebenernya, tulisan ini bukan mau membahas soal itu. Karena udah ada beberapa tulisan yang membahas masalah itu. Masalahnya baru muncul waktu kita sedikit banyak bicara soal hobi kita masing-masing. hobi dari zaman kecil ataupun hobi yang sekarang. Hobi yang ditekuni atau cuma buat seneng-seneng aja. Gue sempet memulai pembicaraan tentang hobi ini. Gue tanya ke mereka satu-sati tentang hobi mereka. Jawabannya beragam. Yang satunya jawab dia hobinya random tergantung mood, yang satunya jawab dia gatau hobinya apa karena dia juga masih bingung dia punya keahlian apa untuk mendukung hobinya.

Gl: Gue kalau punya hobi ya tergantung mood. Kadang punya hobi naik gunung kadang punya hobi tidur wahaha. "Kata temen gue gitu"

mam: yaelah, elo nanya hobi ke gue. Gue aja gatau bisanya apa.

Dua jawaban di atas sempet bikin gue terdiam. Antara males dan kurang mood untuk melanjutkan percakapan ini. Karena percakapan ini kurang menarik buat gue. Padahal gue lagi gencar untuk saling berbagi cerita tentang hidup apalagi tentang hobi.

Entah kenapa, gue semakin menggebu untuk melanjutkan hobi gue yang satu ini. Yaa, gue adalah orang yang seneng di dunia fotografi. Karena hobi ini juga gue sudah mengunjungi beberapa kota. Ya walau belum banyak sih. Malah bisa dibilang baru memulai kembali.

Sedikit flashback, gue memulai hobi ini waktu gue kelas 2 Sma. Waktu itu, gue masih belajar terus pinjem alatnya ke sahabat gue. Setelah itu, gue dibeliin alat sama nyokap. Dari situ gue mulai tekunin sampe sekarang. Awalnya gue adalah orang yang minder. Kenapa? Karena gue belum bisa. Tapi, seiring berjalannya waktu gue mulai bisa memaksimalkan seiring juga bertambahnya ilmu yang ada di kepala gue. Dan dari merantau inilah gue banyak dapet ilmu.

Dari hobi ini gue pernah ke Tangerang dan Jakarta pas gue SMA. Pas SMA, buat ke Jakarta atau Tangerang aja lumayan butuh pengorbanan. Walau cuma sebatas mengikuti lomba dan belum menuai hasil yang diharapkan. Namanya juga masih pemula.

Hobi ini terus gue lanjutkan walau sekarang gue udah engga punya alat yang memadai. Dengan bermodal alat pinjaman juga gue sekarang terus melanjutkan hobi ini. Akhir tahun 2015 lalu, gue berhasil menginjakkan kaki di Bali berkat hobi gue. 

Bedanya adalah hobi gue sekarang ini bukan cuma sekadar hobi dan hanya untuk di lombakan. Hobi gue ini juga sudah mulai dibayar. Walau hasilnya engga seberapa, tapi gue merasa seneng. Berarti ada yang mau mengapresiasi karya gue walau belum seberapa mahir. Berkat kesempatan ini, gue semakin bersemangat untuk terus mengembangkan karir gue melalui hobi gue ini. Emang bener kata orang, kalau Hobi yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Masih mau gak punya hobi

0 comment: